Sambutan

Ketua Jurusan Gizi

Institusi Pendidikan Kesehatan merupakan salah satu lembaga yang strategis di Kementerian Kesehatan. Oleh karena itu, pengembangan dan pembinaan yang efektif, efisien dan berkelanjutan terhadap lembaga pendidikan kesehatan mutlak diperlukan. Agar perencanaan dan pengambilan keputusan lebih terarah dan terkendali, maka diperlukan data dan informasi yang jelas dan akurat dari lembaga pendidikan tersebut.

Jurusan Gizi Poltekkes Gorontalo merupakan salah satu Jurusan yang berada di dalam ruang lingkup Politeknik Kesehatan Poltekkes Gorontalo Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan baru beroperasi mulai tahun 2007. Jurusan Gizi Poltekkes Gorontalo terdiri atas dua Program Studi yaitu Program Studi D III Gizi dan Program Studi D IV Gizi yang sudah semestinya memerlukan banyak pembenahan untuk tetap eksis dan mampu memenuhi tujuan di atas.

Profil ini  diharapkan dapat digunakan sebagai bahan untuk evaluasi institusi dan menyusun perencanaan strategis, pengembangan, serta laporan dan masukan kepada Direktorat Poltekkes Kemenkes Poltekkes Gorontalo, dengan harapan kualitas dari pelaksanaan program pendidikan di Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Gorontalo akan semakin meningkat, sehingga dapat menghasilkan tenaga kesehatan yang berkualitas dan berdampak terhadap meningkatnya pemberian pelayanan kesehatan serta dapat menghasilkan lulusan yang mampu bekerja di semua tatanan pelayanan kesehatan baik di dalam maupun di luar negeri sesuai dengan kompetensinya. Selain itu, bagi para pemangku kepentingan (stakeholder), profil ini dapat dijadikan sebagai gambaran atas potensi dan kompetensi yang dimiliki oleh Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Gorontalo. Kemudian, harapan kami profil ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk dilakukan kerjasama yang baik dan saling menguntungkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki demi peningkatan status gizi dan kesehatan masyarakat.

 

Sejarah

Berdirinya Jurusan Gizi Poltekkes Gorontalo

Pendidikan kesehatan di Gorontalo dimulai sejak tahun 1974  dimulai dengan pelaksanaan sekolah penjenang kesehatan Ijazah C dan Ijazah E dan lulusannya telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di Kotamadya Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo.

Berdasarkan kebijaksanaan pemerintah, maka pada tahun 1978, pendidikan penjenang kesehatan dan sejenisnya ditutup, dan dikonversi menjadi Sekolah Perawat Kesehatan. Pada tahun 1979 di Tingkt II Kotamadya Gorontalo disetujui untuk membuka Sekolah Perawat Kesehatan Gorontalo (SPK) dan secara operasional SPK Gorontalo mulai menerima siswa baru tahun ajaran 1980/1981 bertempat di RSU Gorontalo yang diresmikan oleh Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Kapusdiknakes) Depkes RI tanggal 9 September 1980. Pada tanggal 11 Maret 1984 SPK Gorontalo telah menggunakan gedung baru yang berlokasi  di Jalan Pemuda No.36 Gorontalo.

Pada tanggal 10 Desember 1998  SPK telah di konversi menjadi Pendidikan Ahli Madya (PAM), sehingga  tahun  ajaran  1999/2000  telah menerima mahasiswa  baru program DIII  Keperawatan . Berdasarkan  Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kessos RI No. 298 tahun 2001 maka Akper Gorontalo berubah menjadi Program Studi Keperawatasn Gorontalo masuk dalam Politeknik Kesehatan Manado bersama-sama dengan akademi kesehatan lainnya se Provinsi Sulawesi Utara.

Civitas akademika Program studi Keperawatan Gorontalo melakukan audiensi dengan Gubernur Gorontalo yang membahas rencana peningkatan program studi menjadi Politeknik Kesehatan dan berpisah dengan Politeknik Kesehatan Manado, namun hal tersebut menemui kendala sebagaimana diisyaratkan dalam surat menteri Kesehatan RI tertanggal 16 Juli 2002 bahwa Program studi keperawatan Gorontalo untuk menjadi Poltekkes hendaknya menambah dua program studi baru selain program studi yang telah ada, hal ini sesuai surat edaran Dirjen Dikti No. 470/D/T/1996 tertanggal 28 Pebruari 1996 tentang syarat pendirian Politeknik, disyaratkan minimal 3 (tiga) program studi untuk mendirikan suatu Politeknik.

Sesuai dengan ketentuan maka disepakati rencana penambahan dua program studi yakni Program studi Kebidanan dan Program studi Gizi Gorontalo. Selanjutnya Menteri Kesehatan RI dengan suratnya nomor 1049/Menkes/SK/VII/2003 menetapkan Program studi Kebidanan dan Gizi sebagai bagian dari persyaratan pembentukan Poltekkes Gorontalo.

Civitas akademika ketiga program studi yang sudah terbentuk bersama dengan Pemerintah Provinsi dan DPRD Provinsi  Gorontalo melakukan upaya berkonsultasi dengan Badan PPSDM Kesehatan RI agar Ketiga Prodi  Kesehatan di Gorontalo segera di usulkan ke Menteri Kesehatan untuk peningkatan Prodi tersebut menjadi Politeknik Kesehatan Gorontalo. Hal ini mendapat respon baik dari Badan PPSDM Kesehatan RI dan melakukan proses administrasi dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku maka Dirjen Dikti dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara merekomendasikan pembentukan Politeknik Kesehatan Gorontalo untuk berpisah dengan Poltekkes Manado.

Berkat ridho Allah SWT Menteri Kesehatan Republik Indonesia menyetujui pembentukan Politeknik Kesehatan Gorontalo sesuai surat Keputusan Menkes RI No. 890 tahun 2007 tanggal 2 Agustus tentang Organisasi dan tatalaksana Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan RI. Dengan demikian ketiga Prodi kesehatan yang ada di Gorontalo secara resmi terpisah dari Politeknik Kesehatan Manado menjadi  Politeknik Kesehatan Depkes Gorontalo dan salah satu program studi yang dibentuk adalah Program Studi Diploma III Jurusan Gizi.